Langsung ke konten utama

Menemukan diri dalam kajian seni rupa dan desain

 

      Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam semuanya, sebelumnya izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. perkenalkan nama saya Muhamad Dafa Kusnadi dan teman teman saya biasa memanggil saya dengan Sebutan Dafa, saya lahir pada bulan Agustus 2003 di Bogor, Jawa barat. Hobi saya adalah bermain game, salah satu game yang paling saya sukai adalah game game bertema Hack and slash, dan salah satu game yang kurang saya sukai adalah game game bertemakan First Person Shooter karena AIM saya terbilang sangat Good Game Well Played dan tidak bisa di prediksi sampai musuh pun tidak ada yang mati di game  game yang seperti ini.

      Saat ini saya sedang menjadi seorang mahasiswa semester 4 di salah satu universitas swasta yang berada di daerah jakarta yaitu Universitas Indraprasta PGRI atau lebih sering dikenal dengan sebutan UNINDRA.  Saya masuk sebagai mahasiswa di Universitas Indraprasta PGRI Pada tahun 2022 dan jurusan yang saya ambil di Universitas ini adalah DKV (Desain Komunikasi Visual).

      Sebelum berkuliah di Universitas Indraprasta PGRI, saya merupakan seorang siswa jurusan Multimedia dari SMK Pariwisata Metland, karena pada saat itu saya masih bingung mau memilih jurusan apa di jenjang SMK, akhirnya saya pun ikut ikutan teman saya untuk masuk jurusan Multimedia. Awalnya saya coba coba, namun setelah saya pikir pikir kembali, disinilah awal mula saya menyukai desain dan Karya Seni,  Aplikasi pertama yang diajarkan oleh guru SMK saya adalah Corel Draw yang pada saat ini masih menjadi aplikasi andalan saya dalam membuat sebuah desain walaupun saya tau aplikasi ini sudah di cap sebagai Aplikasi yang ketinggalan zaman oleh para anak muda. Dan untuk seterusnya saya mulai belajar untuk menggunakan aplikasi aplikasi desain yang lainnya mulai dari Clip Studio Paint untuk menggambar digital,  Adobe  Premiere, Adobe  Photoshop dan aplikasi aplikasi desain yang lainnya.

      Oleh karena itu alasan utama saya memilih jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI adalah karena saya sudah menekuni jurusan Multimedia di SMK selama 3 tahun, rasa nya amat sangat disayangkan apabila ilmu yang telah saya pelajari semasa SMK hilang begitu saja termakan oleh waktu jika pada perkuliahan ini saya tidak mengambil jurusan yang mirip dengan jurusan Multimedia.

      Selama 4 semester ini pun, banyak sekali hal hal  baru yang saya pelajari seputar tentang desain dan karya seni dari mata kuliah yang ada di dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, berawal dari membuat macam macam karya seni seperti nirmana pada mata kuliah Dwimatra lalu belajar tentang apa itu Elemen desain dan prinsip desain yang sangat berpengaruh terhadap sebuah karya seni, hingga mata kuliah seperti filsafat ilmu, filsafat seni, wawasan budaya nusantara dan mata kuliah lain nya yang  membuat wawasan serta pengetahuan saya terhadap budaya, nilai etika dan estetika dalam sebuah karya seni pun bertambah. dan terima kasih karena semua hal itu, kreativitas dan keterampilan saya dalam membuat desain atau gambar pun bertambah baik, mungkin.

      Dan yang terakhir, tujuan pertama saya setelah lulus dari universitas Indraprasta PGRI tentu saja mencari info loker yang berhubungan dengan jurusan Multimedia dan juga DKV, namun tentu bukan hanya itu saja tujuan saya setelah lulus, tujuan saya yang lainnya adalah saya ingin membuat sebuah desain dan karya seni yang memiliki makna dan juga pesan positif yang dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

      Mungkin itu saja yang dapat saya ceritakan dalam blog kali ini, mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan kata dalam pembuatan blog ini, sekian wassalamualaikum warahmatulallahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis semiotika Roland Barthes Dalam cerita anime “Eighty Six”

  Analisis semiotika Roland Barthes Dalam cerita anime “Eighty Six” Pendahuluan Anime adalah sebuah animasi buatan jepang yang pertama kali dibuat pada tahun 1907 dengan durasi gambar bergerak selama 3 detik saja , yang pada hari ini sudah berkembang menjadi salah satu bentuk budaya yang populer, yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia dan memiliki penggemar yang cukup banyak. anime bukan hanya sekedar sarana hiburan semata, sebagian besar orang orang telah menjadikan anime sebagai tontonan sehari hari, dan tak sedikit juga orang orang yang menonton aime karena memiliki cerita yang menginspirasi dan memiliki beberapa pesan moral didalamnya. Anime sendiri merupakan film animasi yang bisa dibilang berbeda dari animasi animasi buatan amerika atau negara lainnya. Karena anime memiliki ciri khas nya tersendiri yang membuatnya menjadi lebih menarik, seperti gaya visual yang memiliki ciri khas nya tersendiri terutama pada desain karakter serta penyajian ceritanya yang beragam ...

Literature review 20 jurnal yang berkaitan dengan topik pembahasan kajian

  Literature review 20 jurnal yang berkaitan dengan topik pembahasan kajian Literature Review merupakan sebuah proses Evaluasi kritis terhadap berbagai sumber informasi yang relevan pada suatu topik penelitian. Isi yang ada di dalam literature review ini berupa penjelasan atau pembahasan tentang teori dari suatu temuan atau topik penelitian. Dari penjelasan teori-teori tersebut lah kita dapat menjadikannya sebagai landasan teori dalam membuat karya ilmiah atau dalam melakukan kegiatan penelitian. Oleh karena itu, dalam penugasan literature review ini, saya telah mencari beberapa jurnal untuk dijadikan sebagai referensi dan sekiranya relevan dengan teori semiotika roland barthes dan objek penelitian baru yang ingin di kaji yaitu tentang : “Analisis semiotika Roland Barthes dalam anime Eighty Six”  Link : https://mdafakusnadi046.blogspot.com/2024/06/analisis-semiotika-roland-barthes-dalam.html Pada pembahasan baru yang dijadikan sebagai objek penelitian ini, saya ingin m...